Beasiswa Australia Segera Dibuka

bkd.nttprov.go.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat mendukung para Pegawai Negeri Sipil di Lingkungannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada level S2/ Magister dan S3/ Doktoral. Saat ini kesempatan untuk mendapatkan pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri terbuka luas bagi seorang PNS salah satunya melalui beasiswa dari pemerintah Australia yang dikenal dengan Australia Awards Scholarships.Beasiswa ini merupakan penghargaan internasional bergengsi yang ditawarkan oleh pemerintah Australia kepada Warga Negara Indonesia termasuk PNS untuk memperoleh gelar Masters dan Phd dari universitas di Australia.

Pegawai Negeri Sipil menjadi salah satu target grup Australia Awards yang mana merupakan para calon pemimpin dan agen perubahan di pemerintahan atau birokrasi.

Setiap tahun Australia Awards Scholarships membuka penerimaan calon penerima beasiswa dengan kriteria dan bidang studi prioritas yang telah ditetapkan.

Pelamar Perempuan, palamar dengan disabilitas yang berasal dari Area Fokus termasuk Nusa Tenggara Timur sangat dianjurkan untuk mendaftar.

Adapun syarat wajib yang harus dipenuhi yakni hasil tes Bahasa Inggris IELTS atau TOEFL atau PTE akademik yang diperoleh dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir, serta syarat administrasi lainnya yang dapat di lihat pada website resmi Australia Awards Scholarships Australia Awards – Indonesia (australiaawardsindonesia.org)

Untuk pendaftaran beasiswa tahun 2024, pihak Australia Awards juga membuka sesi informasi bagi peminat beasiswa jenjang S2 dan S3 yang dilaksanakan pada hari Kamis, 07 Desember 2023 Pukul 16.00-18.00 WITA di Hotel Harper Kupang Jl. CBD Boulevard I, No.11, Fatululi, Oebobo, Kota Kupang. Juga bagi yang tidak dapat hadir secara langsung dapat mengikuti sesi informasi melalui aplikasi zoom dengan Zoom ID: 2196357118 Passcode: koala NTT atau langsung pada link http://australiaawardsindonesia.org/id/AAINTT

Selanjutnya, dalam rangka mendukung syarat kemampuan bahasa Inggris bagi calon pelamar, Australia Awards memiliki program yang disebut English Language Training Assistance (ELTA). Program ini membantu para pendaftar beasiswa Australia Awards khusus jenjang S2 (Master) yang memenuhi kriteria pendaftaran beasiswa namun memiliki tingkat kemahiran Bahasa Inggris di bawah persyaratan minimal IELTS 5.0. Program juga bertujuan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris di empat area keterampilan (mendengar, membaca menulis dan berbicara). Program ELTA akan dibuka kembali Tahun 2024.

Informasi terkait program ELTA dapat dilihat pada www.australiaawardsindonesia.org

Bagi PNS di Lingkungan pemerintah provinsi NTT yang berminat menjadi penerima beasiswa Australia Awards dapat memperhatikan persyaratan sesuai ketentuan Peraturan Daerah Provinsi NTT Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Tugas Belajar, Izin Belajar dan Ikatan Belajar serta Perubahannya Nomor 13 Tahun 2016. Juga Surat Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: 891.1/119/BKD2.3 Tentang Penambahan Persyaratan Khusus Pemberian Tugas Belajar bagi PNS Lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

Penulis: Eventiany Ivonita Lamataro, SSTP.,MPP