Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Menggelar Bimtek Penuh Gairah: Penguatan Kualitas ASN Menuju Keunggulan!

Pada Jumat, 10 November 2023, Aula Fernandez, Kantor Gubernur NTT menjadi saksi acara berkelas ini. Dalam suasana yang penuh semangat, Bimtek kali ini mengusung tema ‘Penguatan Kualitas ASN Menuju ASN Maju dan Unggul.’

Dalam laporan yang menginspirasi dari Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, Jusuf E. Otemusu, ST, disampaikan bahwa Bimtek ini bertujuan meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan memperbaiki pemahaman serta pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mereka, guna menciptakan pemerintahan yang tinggi dalam good governance.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh seluruh ASN Badan Kepegawaian Daerah, tetapi juga siswa SMA/sederajat yang sedang magang di BKD. Dalam sambutannya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, Henderina S Laiskodat, SP, MSi, menekankan betapa pentingnya bagi ASN untuk beradaptasi dengan perubahan, terutama dalam memahami regulasi baru.

Henderina mendukung penuh kegiatan kompetensi ASN yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 4 Tahun 2014, yang menetapkan pelatihan wajib sebanyak 20 Jam Pelajaran (JP) setiap tahun. Baginya, belajar baik secara formal maupun non-formal adalah kunci keberhasilan, dan ia mengajak para peserta, termasuk anak magang, untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Lebih lanjut, Henderina menegaskan bahwa melalui Bimtek ini, peserta memiliki peluang emas untuk menemukan keunggulan masing-masing. Siapa yang unggul, dan di bidang apa? Apa keunggulan yang dimiliki oleh setiap peserta?

Bimtek ini berlangsung selama dua hari, menggabungkan kegiatan di Aula Fernandez dengan kegiatan outbound di tempat Wisata Boneana, Kabupaten Kupang Barat. Acara ini menjadi momentum krusial dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi ASN di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT.

Peserta tidak hanya akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai ASN, tetapi juga diajarkan untuk mengembangkan sikap dan perilaku positif dalam melaksanakan tugas. Narasumber dari berbagai latar belakang, mulai dari Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian hingga praktisi terkemuka, akan memberikan wawasan berharga selama pelatihan ini.”

Penulis: Facun Baur, ST.