29 Mar 21

Respon Positif Pengelola Kepegawaian terhadap Lapor Cepat PNS Meninggal Dunia

Sejak diluncurkan tanggal 14 Mei 2020, Lapor Cepat PNS Meninggal Dunia mendapat respon positif dari para pengelola kepegawaian dalam hal percepatan pelayanan pensiun bagi PNS lingkup Pemerintah Provinsi NTT yang tersebar di 518 SMA/SMK, 69 UPTD dan 19 Cabang Dinas yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota dan pulau-pulau terpencil di Nusa Tenggara Timur. Dengan harapan pemerataan pelayanan administrasi kepegawaian terhadap seluruh PNS lingkup Pemerintah Provinsi NTT, baik yang bertugas di Kota maupun di desa-desa terpencil.

Menurut Dedy Ferdinand Mooy, SE, sebagai Pengelola Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, “lapor cepat PNS meninggal dunia memberikan kemudahan dalam menyampaikan laporan PNS meninggal dunia ke BKD dan pengurusan Pensiun Janda/ Duda lebih tepat waktu”, ujarnya.

Tingkat partisipasi stakeholder dalam pemanfaatan aplikasi ini juga sangat tinggi. Hal itu terbukti dengan data rekapitulasi laporan yang masuk, yakni pada tahun 2020 sebanyak 71 laporan PNS meninggal dunia. Sementara selama tahun 2021 terhitung sudah 30 orang dilaporkan meninggal dunia melalui aplikasi lapor cepat.

Image removed.

Menurut Kepala Sub Bidang Pemindahan dan Pensiun Pegawai BKD Provinsi NTT, Basilius Nou, S.Sos , sejak aplikasi Lapor Cepat PNS Meninggal Dunia ini diluncurkan, tidak terjadi lagi keterlambatan penerbitan SK Pensiun bagi PNS Janda/Duda ataupun kelebihan pembayaran gaji. Lebih lanjut Basilius Nou, S.Sos berharap partisipasi pengelola kepegawaian dalam memanfaatkan aplikasi ini secara optimal di masing-masing perangkat daerah guna mempermudah pengurusan administrasi pegawai khususnya administrasi pensiun janda/duda.

 

Penulis : Prasetya Darmawan, S.STP

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top