21 Jun 21

Kunjungan Kerja Gubernur NTT ke BKD Provinsi NTT: “NYALAKAN SEMANGAT PEMBAHARUAN DENGAN DISIPLIN.”

Kota Kupang, Bkd.nttprov.go.id - Dalam kunjungan kerja Gubernur Provinsi NTT ke Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT pada hari Rabu 9 Juni 2021. Suasana sukacita dan kebanggaan dirasakan oleh semua ASN BKD Provinsi NTT dengan tetap menaati disiplin protokol kesehatan yang ketat. Gubernur NTT Victor B. Laiskodat dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut, memberikan arahan kepada seluruh ASN BKD NTT tentang semangat dan arah perubahan, sambil bercerita tentang bagaimana cara beliau disiplin belajar bahasa Inggris. Nilai disiplin sangat ditekankan oleh Gubernur NTT bahwasannya suatu habit, kemampuan dan sistem dibutuhkan disiplin dan juga konsisten. Gubernur mengatakan bahwa pelayanan publik yang berkualitas adalah kunci pemerintahan yang baik. Oleh karena itu sebagai pelayan publik, dituntut untuk bekerja dan berkarya. Diperlukan terobosan/ inovasi yang lebih efektif dan efisien untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu dibutuhkan pembaharuan dan adaptasi terhadap nilai-nilai yang relevan dengan zaman sekarang. Jangan ragu belajar hal baru, lebih fleksibel tetapi disiplin dengan waktu dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas. “integritas menjadikan anda bertanggung jawab dan disiplin disetiap proses yang harus dilalui”( kutipan dari motivator Djajendra).

Gubernur NTT mengajak seluruh ASN BKD untuk berpikir “out of the box” yang bermakna bahwa kita membuka “box” baru, karena “box” lama yang sudah penuh. Harus ada keberanian untuk membuka box-box baru itu dan dalam analogi kepemimpinan yang disampaikan oleh Gubernur NTT, seluruh ASN diajak untuk menyalakan semangat kerja yang baru dengan semangat pembaharuan dalam disiplin tetapi tetap relevan dengan perubahan zaman khususnya dalam reformasi pelayanan publik. Mengutip pernyataan mantan presiden ke 35 Amerika serikat John F Kennedy “Perubahan adalah hukum kehidupan. Siapa yang hanya melihat masa lalu dan kini, dia akan kehilangan masa depan”. Makna yang tersirat dari pernyataan tersebut adalah Siapa yang tidak mau berubah maka akan digilas oleh perubahan itu sendiri. Perubahan yang dimaksud adalah tanpa melepaskan nilai-nilai positif yang ada pada masing-masing kita. Dalam kesempatan itu juga gubernur memberikan apresiasi atas pencapaian atau prestasi terhadap kinerja dari seluruh jajaran ASN BKD Provinsi NTT.

Merangkum arahan gubernur dalam kunjungan kerjanya tersebut bahwa,” untuk bisa berubah, maka dibutuhkan sikap disiplin dan juga konsisten serta mengedepankan nilai-nilai integritas sebagai Aparatur Sipil Negara.”

Penulis : Arie ONDOK

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top