07 Jul

35 Tahun Mengabdi, Kuncinya Ada Kedisiplinan

Kupang, BKD.NTTPROV.GO.ID - Kamis, 30 Juli 2020, segenap pegawai Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan acara perpisahan sederhana dengan seorang senior sekaligus rekan kerja, Ibu Salomi Bessie. Kami biasa menyapanya Ma Omi.  Hari ini adalah hari terakhir dia sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai 1 Agustus 2020, Ibu Omi sudah purna bakti.

Ketika Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT, ibu Henderina S. Laiskodat memintanya menyampaikan kata perpisahan, Ibu Salomi menyisipkan satu pesan singkat untuk kami semua, “kepada ade-ade semua, saya cuma titipkan satu pesan, hendaknya ade-ade semua menjaga sikap disiplin dalam bekerja.”

Pesan Ibu Omi memang tidak hanya tersampaikan secara verbal lewat kata-katanya, tetapi juga tampak dalam sikap dan keteladanan yang ia berikan. Hal itu diaminkan oleh Ibu Henderina S. Laiskodat dalam sambutannya.

“Sepanjang saya di BKD, kalau saya ke Bidang Mutasi, pasti ibu Omi selalu ada di tempat duduknya. Kalau tidak ada, kemungkinan ibu Omi sedang bertugas,” kata Ibu Henderina.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Mutasi dan Pensiun Pegawai, Ibu Agnes Ina Odjan. Menurutnya, tidak mudah untuk mencari pengganti yang sepadan dengan Ibu Omi. Ibu Omi adalah contoh pegawai yang sangat teliti dan setia menjalankan tugasnya.

“Secara peribadi saya merasa sangat kehilangan Ma Omi. Tidak mudah untuk cari pengganti yang seperti Ma Omi. Kalau tanya Ibu Omi tentang surat-surat tertentu pasti Ibu Omi selalu tahu, letaknya dimana atau prosesnya sudah sampai dimana, dan lain sebagainya. Ini keteladanan yang luar biasa bagi kami semua,” tutur Ibu Agnes.

Ibu Margaretha Djami, rekan kerja Ibu Salomi, mengaku sekalipun baru bekerja bersama Ibu Omi dalam satu tahun terakhir, tetapi Ibu Omi orangnya sangat welcome, ceria, selalu tersenyum yang membuat rekan kerjanya nyama bekerja bersama Ibu Salomi.

Sementara Ibu Kristina Gembira, rekan kerja yang juga sudah 27 Tahun bekerja bersama Ibu Salomi di Badan Kepegawaian Daerah, mengaku sudah mengenal Ibu Salomi sejak di sekolah menengah hinggga saat ini.

“Ibu Omi itu kakak kelas saya waktu SMA. Kami kemudian sama-sama kerja di Pemda Manggarai. Lalu sama-sama juga pindah ke Kupang dan sama-sama pula bekerja di BKD sampai saat ini. Kaka Omi itu orangnya teliti, mungkin karena cukup lama bekerja di keuangan. Selain itu, dia orangnya rapih, disiplin, juga selalu ceria dan suka bercengkrama. Dia senior yang baik hati,” tutur Ibu Kristina sambil menahan air mata perpisahan.

Ibu Salomi Bessie dilahirkan di Talae, Rote Ndao, 18 Juli 1962. Ia menamatkan SD di Rote pada tahun 1974 dan SMP di Kupang tahun 1979. Setelah itu Ibu Salomi melanjutkan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 526 Ruteng, Kabupaten Manggarai hingga tamat tahun 1984.

Tahun 1985, ia meniti karir sebagai CPNS di Kabupaten Manggarai, tepatnya terhitung mulai 01 Maret 1985. Ia langsung ditempatkan di Bagian Keuangan Setda Kabupaten Manggarai. Pada tahun 1992 ibu Salomi pindah menjadi PNS pada Pemerintah Provinsi NTT dan ditempatkan di Biro Kepegawaian. Banyak orang datang dan pergi di Biro Kepegawaian hingga berubah nama menjadi Badan Kepegawaian Daerah pada akhir 2013. Akan tetapi Ibu Salomi tetap saja sebagai pengelola kepegawaian di BKD hingga memasuki purna bakti. Selama 27 Tahun masa kerjanya ia habiskan di BKD Provinsi NTT.

Ibu Salomi mengaku sudah mengalami masa-masa di BKD bersama 8 (delapan) orang Kepala Biro/Badan yang berbeda, dan sudah mengabdi di Pemprov NTT bersama 6 (enam) Gubernur yang berbeda. Ia telah melewati masa-masa ketika di Bidang Mutasi orang berebut mesin tik untuk menyelesaikan SK Kenaikan Pangkat, hingga kini ketika semua surat dicetak secara otomatis.

Selama 35 tahun Ibu Salomi mengabdi untuk negeri, kini satu pesan yang ia titipkan untuk semua rekan dan juniornya, “hendaknya ade-ade semua menjaga sikap disiplin dalam bekerja. Itu saja kuncinya.”

Terima kasih Ma Omi dan selamat memasuki masa purna bakti.

 

Penulis : Luis Aman (rekan kerja Ibu Salomi Bessie)

0 Comments

You Might Also Like This

Back to top